Kamis, 02 Desember 2004

Erwin Gutawa Salute to Koes Plus Bersaudara

Rating:★★★★
Category:Music
Genre: Pop
Artist:Erwin Gutawa and Various Artists
Mungkin udah kelewat telat buat nulis review album ini. Mengingat ni album udah di rilis dari kapan taun. Tapi apa boleh buat, saking oke nya, gw tetep keukeh buat nulis review album ini.

Gara2 album ini, gw jadi suka ngedengerin lagu2 Koes Plus. Padahal dulu, boro2....denger namanya aja udah kebayang lagu2nya bakal gak asik.

Tapi emang dasar Erwin Gutawa...arranger handal! Ni lagu2 lama jadi enak banget di kuping buat gw.
Kalo lagu "Kolam Susu" sih...gw akuin ni lagu emang jadi satu2nya lagu Koes Plus yang rada gak asing buat gw.

Yah....namanya juga anak jaman New Kids On The Block....:p

Ada 19 track di album ini. Terdiri dari 1 instrumentalia, 1 overture, 1 solo bass..sisanya lagu2 Koes Plus yang dinyanyikan sama penyanyi2 kawakan.

Ngomong2 soal penyanyi kawakan, gw salut banget ma ni orang. Mulai dari penyanyi pujaan ABG, sama yang hampir gak pernah terdengar di blantika musik nasional, ikut ambil bagian di album ini.

Udah pernah denger nama Fitriana? beliau ini adalah penyanyi solo wanita. Beliau lebih dikenal sebagai penyanyi rohani Kristiani. Udah ngeluarin berapa album juga gw kurang tahu. Tapi yang jelas emang udah rekaman album2.
Di album ini, Fitri nyanyiin lagu "Pagi yang Indah dan Telaga Sunyi".
Ni lagu kan aslinya ngebosenin banget. Tapi gak tau kenapa, dengan suara Fitriana yang melow abis itu nan mendayu2, biarpun liriknya sederhana dan klasik....jadi asik banget! Sumpe!!!

Bagaimana dengan nama Jamaica Cafe? Yang sering nonton pertunjukan musik pasti tau dong dengan mereka ini. Emang sih mereka lebih sering tampil dari panggung ke panggung. Tapi akhir2 ini juga gw liat sering muncul di TV. Kalo gak salah di MTV Asia Awards yang tahun lalu mereka tampil.
Di album ini mereka nyanyi Nusantara III. Emang Jamaica paling jago kalo udah Acapella...ckckckcckckckckcckckc......

Hit pertama Erwin untuk album ini adalah lagu "Manis dan Sayang", by Andi/Rif.
Terus terang aja, pertama2 sih gw sama sekali gak tertarik. Abis, biasa aja gitu....Andi nya nge-rock. Padahal gw gak terlalu suka sama suara dia juga.

tiba2 gw denger "Andaikan Kau Datang" di RCTI, jadi ost nya sinetron Bunda. Wah....kereeeeen banget. Mana yang nyanyi Ruth Sahanaya lagi...
Begitu denger lagu itu, langsung kepikiran buat "harus punya albumnya"!!

E..e...ternyata pas gw liat gambarnya di closing sinetron, di album Erwin Gutawa. Beli deh gw...
Pas gw dengerin, ckcckckckc....gak nyesel bener deh! Untung gw beli!
2 lagu yang selalu gw puter ulang2, selain lagunya Ruth adalah instrumentalia - hypersax nya "Diana". Lagu ini ada di album Koes Plus Vol. 8.
Disambung oleh track berikutnya which is "Oh la la" yang dinyanyiin jazzy sama Syaharani....dan diiringin musisi2 jazz yang eksis saat ini: Indra Lesmana, Oele Pattiselano, Mates dan Cendi Luntungan.
Hasilnya??? pokoke buat yang suka swing jazz....enjoyyy!!!!
Btw, gw denger2 ni lagu diproduksi dengan proses rekaman live.

o la la....o la la....


Satu hal yang bikin gw rada kecewa (sehingga tidak memberikan "Five Stars") adalah terpilihnya Fadli menyanyikan lagu "Jangan Berulang Lagi".
KESALAHAN BESAR!!!
Vokalis PADI yang terkenal dengan nada2 fals nya ini benar2 bikin gw ilfil...
Padahal, untuk musiknya sendiri, menurut gw udah dasyat banget...karena memadukan 3 kekuatan band papan atas Indonesia yaitu Sheila On 7 (Eross-gitar), BIP (Jaka-drum) dan ADA band (Dika-bass).
Gw gak tau juga kenapa ni orang harus terlibat di album ini.
Terpilihnya Duta saja udah bikin gw geleng2. Tapi hasilnya okelah....karena musiknya oke banget. Ada suara clarinet yang dimainin Eugene.
(Pesen gw: kalo mo denger lagu ini, suara vokalnya di "mute' aja. heheheheh). Lagian lagu ini juga jadi top request di radio gw.

Tapi ya sutralah....

Pokoke, buat yang belon punya...moga2 kalo besok2 ke toko musik, boleh liat2 dulu cover CD/kasetnya. Kali2 aja jadi inget review gw, trus jadi pengen punya...

O,ia..satu lagi pesen: jangan beli kasetnya. 3 orang (termasuk gw) beli kasetnya, semua cacat produksi. Gak bisa dituker, karena cacatnya gak keliatan, cuma bisa "kerasa" kalo didenger di walkman. Di tengah2 overture ada nada2 keseleo. Mungkin bermasalah pas proses transfer ke kaset. Akhirnya gw beli CD nya aja. Lebih jernih...

Semoga berguna!

O lala.....O lala.....

5 komentar:

  1. hhhmmm...nge-provoke bgt biar gw beli!!! oke lah reviewnya...mungkin lo bisa masuk ke dunia jurnalistik

    gw lagi nyari cdnya jamie cullum nie...abist dimana-mana :(

    BalasHapus
  2. tengkyu:)
    kayaknya kemaren gw liat deh si jammie....

    Btw, Bulan desember buat gw waktunya hunting buat album2 Natal....hehehehhehehe:p

    BalasHapus
  3. sorry, kalo boleh comment, ga semua orang bilang suaranya fadli fals...tapi ada sebagian yang malah suka dengan gaya nyanyinya yang sebenarnya emang ngga bener itu...termasuk gw...jadi kalo ga suka...kalimatnya tolong lebih objektif dikit yah...

    BalasHapus
  4. Wah...mbak maap deh...
    namanya juga review...setahu saya sih tergantung sama yang nge-review...
    seseorang nge-review pastinya punya poin2 subyektif yang diangkat dan menjadi dasar penilaian....

    Nah, terserah dengan pembaca...mo setuju dengan dasar yang menjadi penilaian tersebut atau tidak...
    Bukankah review itu adalah sesuatu yang sangat subyektif (menurut saya, lho...)

    Atauuu...mungkin mbak bisa menambahkan review-an ini, supaya orang yang membaca juga tahu dimana kelebihan vokalisasi seorang Fadli...

    Karena biasanya sih seorang penggemar juga pasti punya dasar kenapa dia menggemari sesuatu. Seperti halnya mbak mtmaharini yang seneng ma beliau, pasti mbak juga punya kan dasar2nya. Gak mungkin asal suka gitu aja kan? Maksud saya, mungkin menurut mbak, Fadli itu vokalnya (walaupun tidak benar) gak dibuat2 karena kalo ngomong juga seperti itu gayanya...(misalnya lho ini...)

    Kalau saya diminta mengisi review-an harian Kompas (atau media lain), saya juga pasti akan lebih hati2 dengan kalimat saya...tidak akan sama dengan apa yang saya buat di multiply....tapi, tetap dengan penilaian yang subyektif.


    Thanks for your comment, anyway.




    PS: O,ia...memang gak semua orang bilang Fadli fals. Saya juga suka kok sama "Mahadewi". Itu malah jadinya keren banget...
    Dan menurut saya karena suara Fadli yang seperti itulah yang bikin Padi itu beda ma yang lain.
    Tapi...untuk membawakan lagu2 Koes Plus, apalagi aransemen Erwin Gutawa, kayaknya masih gak "masuk" gitu. So, tetap sesuatu yang mengganjal di album keren ini.Hehehee...
    Salam buat Fadli :D

    BalasHapus